Selasa, 06 Desember 2011

SENI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT


Seni dalam kehidupan masyarakat pada saat sekarang ini sangat jelas tampak dan sangat berperan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, karena denga  adanya seni masyarakat akan merasakan sesuatu yang  berbeda. Pada umumnya kebanyakan masyarakat tertarik pada seni seperti yang kita lihat dirumah-rumah banyak ukiran,lukisan,dan banyak lagi barang-barang rumah tangga yang lainya menghiasi sudut rumah. Seni yang berkembang dalam masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman mengikuti model-model terbaru sesuai dengan kebutuhan manusia pada saat itu. Mamfaat seni dalam kehidupan masyarakat pada saat ini, seperti yang kita ketahui bawasanya seni sangat erat hubunganya dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat kita simpulkan bahwasanya seni itu adalah bagian dari kehidupan manusia sejak jaman nenek monyang kita terdahulunya bahkan seni juga menjadi bagian dari relegi atau upacara ke agamaan.
Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan  medium itu
seni mempunyai fungsi ganda bagi masyarakat, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan akan benda pakai, misalnya meja,kursi, cangkir, lemari, dan pemenuhan akan benda hias (Estetis), misalnya gambar, lukisan, dan patung.Menurut antropologi, kesenian adalah salah satu unsur budaya manusia.kita dapat merasakan dalam pengalaman hidup sehari-hari, betapa kita sangat membutuhkan sarana berekspresi dan menikmati keindahan dalam berbagai bentuk.
Seni berkembang di setiap daerah yang tersebar di seluruh nusantara. ragam seni tersebut lahir dari ekspresi gagasan atau perasaan manusia yang memilki nilai-nilai budaya nusantara terekspresi melalui pola kelakuan yang menghasilkan seni yang estetis dan bermakna dan bermamfaat  bagi masyarakat.
Namun pada saat sekarang ini seni sudah mulai memudar dalam kesehari-harian masyarakat, dikarenakan pengaruh kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia maengakibatkan seni yang ada di indonesia kurang berkembang dan sebaliknya seni yang di bawa dari luar mulai menguasai perindustrian Indonesia mulai dari seni bangunan, prabot,dan lainya sehingga masyarakat kurang meninati seni tradisi yang ada di daerah Indonesia ini sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar